Pengalaman & Tips Persiapan SBMPTN 2017 + Ujian Keterampilan

09.24

Ok, darimana mulainya ya.


Kenalan dulu deh, gue adalah anak ranking paralel. Paralel 26 dari 36 bersaudara maksudnya hehehe. Gue tuh gobloooookkkk banget. Tapi sok-sokan masuk IPA, karena gue suka sains meskipun gakmau berkecimpung/bekerja disitu. Mungkin ini ada andil emak bapak gue, FYI, Bokap gue adalah anak Fisika ITB dan emak gue adalah anak Teknik Kimia ITB, dan mereka kepengen banget ada anaknya masuk ITB jurusan teknik atau dimana kek jurusan dokter.


but nope.

Cita-cita gue adalah masuk jurusan desain. Dan ketika tahu FSRD ITB itu rumpun IPS, negara api seperti menyerang, dengan putus asa gue minta dipindahkan ke IPS pada semester pertama kelas 10, namun ditolak mentah-mentah oleh guru BK, dengan alasan ini-itu. Padahal aslinya mereka gakmau ribet.

Ok skip,

setelah menjalani 2,5tahun berkecimpung di dunia IPA, 6 bulan atau semester akhir kelas 12, gua banting setir belajar SBMPTN IPS bermodalkan Zenius. Disitu mata gua seperti terbuka, seharusnya gue emang di IPS, karena banyak pelajarannya menarik banget. Ok penyesalan selalu datang terlambat. Tapi itu cerita nanti aja ya.



FYI, gue gak peduliin UN sama sekali. Alhasil
MTK gue 5,00 dan Biologi 5,00.
Hehe yang penting pengerjaan jujur okk (dan gakbisa nyontek juga 'kan karena CBT)

Oook skiiiipppp forward, gue mendaftar les Nurul Fikri yang sebulan intensif SBMPTN untuk membantu gua memahami strategi SBMPTN. Nah, disini ada cerita lucu, waktu gue sedang konsul geografi, guru geografi yang tidak gue kenal namanya kebingungan karena gue goblok banget, dari 5 soal yang gue kerjain, 1 betul 4 salah alias poinnya N0L, lalu terjadilah kira-kira percakapannya ini;

"Kamu dari IPA ya?"
"Iya"
"Nilai kayak gini yakin mau IPS?" *nunjuk latihan geografi yang baru gue kerjain*
"heheheh"
"Ketawa lagi? Saya gak butuh ketawa kamu."
*mulai panik* "hehehe soalnya saya lebih gakbisa kalau IPA." 
"Lah ngapain kamu IPA?"
"Hehe"
"Mau masuk mana?"
"Senirupa"
"ITB lagi ya, nilai TO kamu berapa?"
"545 kak"
"Hahah, siap-siap ronin ya." (Ronin adalah kelas SBMPTN khusus alumni yang ngulang 1 tahun)

Nah disitu gue gondok abis, mana dia ngomong kayak gitu beberapa hari sebelum SBMPTN, dan gue jadi termotivasi banget... Nggak deng, tetep aja setelahnya gue males-malesan HAHAH


Pokoknya seminggu-2 minggu sebelum SBMPTN, gue gak belajar sama sekali kecuali di tempat les. Bukan, bukan istirahat atau biar tenang atau apalah, udah males aja HAHAHAHAHA. Yaudadeh cuma ngulang-ngulang materi. Gakmau belajar yang baru, itupun sedikit doang ngulangnya. Disitu gue nyesel. 

3 hari sebelum hari H, kalian wajib baca-baca ulang, yang hafalan-hafalan aja, materi baru-baru juga, karena ternyata materi yang baru gue pelajarin semingguan di tempat les malah muncul saat SBMPTN. Siyal.

Oiya gue juga udah diwanti-wanti untuk daftar SBMPTN cepet-cepet karena kakak gue 2 tahun lalu dapet di Jakarta Barat sedangkan kita tinggal di Jakarta Timur. 

Kalau kejadian tempatnya jauh kayak gini, KALIAN HARUS NGINEP. HARUS. Bayangin berapa kepala keluarga yang nganterin anaknya untuk SBMPTN saat itu? Belum lagi yang daftar ulang. Istilahnya bahkan singa pun keluar dari kandangnya. PASTI MACET. 
JANGAN LUPA CEK LOKASI. 
Cek Toilet & lift/tangga dimana. 
Jangan nyari-nyari lagi pas hari H



Tapi emang blegugnya gue, tetep aja daftar h-2 penutupan pendaftaran hehehehehehehhehe(1000x)

DAN GUE DAPET DI UNJ KAMPUS A. 

HAHAHAHAHAH KEPELESET NYAMPE ITUMAH

Jadi jangan percaya mitos daftar buru-buru. Semua itu udah ada variabel dari sistemnya. Manfaatin beberapa hari itu untuk menentukan lagi kampus pilihan lo. Minimal menentukan urutan PTN pilihan.

BTW, pilihan gue jadi seperti ini
1. FSRD ITB
2. Psiko UNAIR
3. Psiko Unbraw

Kenapa bisa-bisanya gue gak tahu diri naro 2 jurusan favorit paling bawah itu? Bukan, bukan buat sok2an, tapi gue mau ikut mandiri mereka yang setahu gue harus milih mereka juga pas SBMPTNnya (WHICH IS PROVED WRONG. DAMN)

Btw lagi, Pakde, sebutan anak-anak buat salah satu staff NF Buaran, hanya bisa melongo melihat PTN yang gue pilih, 

dengan lirih dia berkata...

"Aisyah.... Yakin.........?"




Ok hari H SBMPTN,
perlengkapan yang gue bawa di tas adalah:

- Alat tulis (jaga-jaga aja bawa papan jalan (tapi waktu itu gue gak dibolehin sih))*
- Kartu SBMPTN*
- SKHUN*
- KTP*
- Cemilan twister
- Permen karet Happyd*nt
- Komik (WAJIB)
- Brosur RONIN Nurul Fikri (HAHAHAH butuh lho, ini buat pondasi hati "setidaknya gue punya tempat pulang kalau ngulang tahun depan")

Yup, ketika oranglain bawa buku tebel SBMPTN dan kamus sakti SBM, gue baca komik di Mushola nan dingin sambil setengah tertidur sampe diliatin peserta sbmptn lain

hahaha 

Yaudah lah ya????? 



Gue emang udah siap banget sebenarnya ngulang tahun depan, karena yaaaa gue tahu diri kalii, gue tahu persiapan gue kurang, sok-sokan Murtad ke IPS, baru les IPS sebulan sebelum SBM, religius pun nggak, boro-boro doa ini-itu, sholat masih jarang, eh mau pilih ITB. 

Yaudahlah ya?

Ujian pun dimulai, gue banyak minum air putih sebelum masuk kelas ujian buat nenangin diri, alhasil gua kebelet dan harus rela telat masuk 5 menit haha.

Di dalam kelas kita gak boleh minum dan makan. Tapi gue ngunyah permen karet dan beberapa kali bikin balon dan gak ketauan pengawas (meskipun sebelah gua terganggu HEHEHEHEHEH), jadi yaudahlah ya??



Selesai deh TPA.



Mayan gampang. Gue isi 60an kali ya lupa.

Istirahat sebentar gue isi dengan makan cemilan dan ganti permen karet baru. 



SOSHUM pun dimulai!!!









hehe




hehe





Nahh yaudadeh ujian SBMPTN selesai!!

Belajar-kerjakan-lupakan.


(((Pengalaman Ujian Keterampilan ada diantara ***, jadi kalau gak peduli lanjut aja okkkee!!!))))



***


Tapi disini perjuangan gue belum berakhir, ada 1 tes lagi : Ujian Keterampilan.

Gue pun bukannya gak ada persiapan, gue udah ikut les Villa Merah dari tahun lalu, tapi gak pernah selesai namanya gambar suasana. Luar biasa bencinya. Pas intensif pun, gue jarang dateng, sekalinya dateng karena ada iming-iming Pizza dan donat dari anak yang lolos SNMPTN(si Adel, emang sialan tu orang), jadi gue gak gambar sama sekali. 

Tapi beberapa hari sebelum ujian keterampilan, A realization hit me, gua was-was, gimana kalau nilai sbmptn gue jeblok? Harus dibantu gambar dong???

Langsung aja gua menembus kemacetan untuk nyampe ke Villa merah buat konsultasi pensil yang akan dipake dll.

 FYI, waktu itu Ahok baru ditangkep di lapas Cipinang, itu macet yang harusnya gue nyampe ke tkp dalam 30 menit, JADI 1,5 JAM.

Nyampe-nyampe di Villa Merah jam 6, jadi sampe jam 8 gue pun menetap disitu...

makan martabak.



Hehe konsul deng, dikit doang tentang pensil-pensil yang harus dipake. Terus makan. Lagian dibeliin, mana bisa nolak dong ??????????? mikir.

Oya btw, gue salah milih tempat ujian keterampilan, kalau gak salah di UNJ juga ada, tapi gue malah milih ITB nan jauh di Bandung, jadilah tanggal 17 gue berangkat ke Bandung. Tapi pada akhirnya gue bersyukur, biar lebih semangat ngerjainnya kalau di kampus impian.

Perlengkapan yang gua bawa:
- Kartu peserta SBMPTN* yang udah lecek haha
- Alat tulis* HB, 2B, 4B, 5B
- Papan Gambar A2* (Tolong ya papan gambarnya nya beli A2 aja, kalau bisa jangan kurang, bahkan ada yang bawa A4, hadew. Itutuh kertas ujiannya A3, gaenak kalau ngepas, biar ada space buat naro tangan)

Ok skippp ke hari H, tanggal 18 Mei ujian keterampilan, GUE LAGI ULTAH HAHAHAHA, sengaja milih hari itu(Ujian keterampilan ada 2 hari, 17 sama 18) biar Allah SWT kasian sedikit sama anak malang ini, lagi ulang tahun kok gak di-hoki-in????

NGGAK DENG HAHA.

Gue juga mikir kalau gak lolos? HAHA .............

ha....

kayaknya gue gabakal ngerayain ulang tahun deh seumur hidup.

Mana temen-temen gua udah ngancem mau fotoin mereka lagi nonton drama hari itu.

sialan emang, teman macam apa.




Nah pendaftaran ulang ujian keterampilannya dimulai jam 9-11, dan ujian dimulai dari jam 1-3.

Di sekitar lapangan pendaftaran ulang banyak anak-anak yang megang papan gambar A3-A2, gue yakin mereka dateng dari pagi karena mukanya udah capek banget.

Gue sih dateng jam 10.40an haha, dan itutuh tempat registrasi ulangnya sepi banget. Wong cuma ditanya "namanya siapa? Mana Kartu pesertanya?" udah deh, terus ada pengumuman tempat duduk kita dimana jam 12.

Selagi nunggu, gue dibeliin Sate yang luar biasa enaknya sama dosen ITB teknik apagitu, temennya emak gua. Gue tidak akan melupakan sate kebaikan ini, Om Tonoooo. 😘

Ok setelah jam 1, gue ketemuan sama temen gue, dan kita beda kuadran:(:(:(:(:( dan ternyata Aula Barat baru dibuka, alhamdulillah masuknya tertib, dan ternyata yang dimaksud tempat duduk adalah, ada kursi-kursi tanpa meja (sekali lagi, TANPA MEJA), dideket2in jadi per kuadran-kuadran (tapi gua gak ngitung berapa2nya) gitu, jadi ada kelompok-kelompoknya gitu.

Kebetulan gua kuadran 3, PALING DEPAN. Gue boleh milih duduk dimana aja dan gue milih BARIS PALING DEPAN.

Kenapa???

Karena penglihatan gue jadi cuma ke kanan dan kiri.

FYI, pas ujian keterampilan, JANGAN SEKALI-KALI LIAT KANAN-KIRI. Bisa-bisa kalian mental Breakdown ngeliat gambar dewa sebelah kalian

haha

ha.....



Gua juga ketemu kenalan Villmer gua dari Jakarta Selatan(hai put!), gue yang nyapa duluan karena...

GUA LUPA BAWA PENGHAPUS DAN RAUTAN. KACAU GA NI ANAK HAHAHAH

Alhamdulillah jadi gak melongo karena ada temen ngobrol plus pinjem penghapus+rautan (ternyata penting!!(yaiyalah penting))

Tesnya pun dimulai yang terdiri dari

A. Tes suasana
hehe
hehe
heheheh

Disitu kita dikasih kertas A3 dan kertas soal yang gaboleh dibuka sampe waktunya

Soalnya ada 2, 
1. Bayangkan kamu seekor laba-laba yang merayap dalam suatu angkot, ada orang-orang dari berbagai usia, ada yang lagi ngobrol, ada yang bawa kipas kertas karena kepanasan, detail lainnya gua lupa.
2. Gambarkan suasana acara kemerdekaan ada lomba kerupuk dll. detailnya gua juga lupa hehe

Gue pilih no.1, disitu gua langsung coret2 di kertas soal, kecil aja gak nyampe sekertas, buat nentuin posisi, perspektif dll. itupun gua gambarnya stickman2 doang.

Jadilah gua gambar susana Bus angkutan kota pake pensil HB dulu, ada seorang cewek yang mergokin preman nyolong hpnya, tapi gakmau ngaku, terus orang-orang pada nunjuk preman itu, dan ada yang yang ngevideoin dari belakang. Yaudasih gitu doang.

Ok sebelumnya!!! Gue bukan expert, tapi ini ada referensi dikit buat gambar suasana:

Disini tricky nya adalah nentuin ketebalan pensil. FYI juga, MITOSNYA, gambar-gambar SBMPTN tuh BAKAL DIJEJERIN SEMUANYA di depan seorang dosen, yang kemungkinan sudah tua dan berkacamata, dan dia akan nunjuk dari kejauhan, jadi KETEBALAN GAMBAR JUGA JADI PENENTU.


Nahhhhhh FYI kalau kalian belum tau, dalam suatu gambar ada yang namanya front, middle, sama back ground

Frontnya ini adalah gambar2 yang mau gue tonjolin, contohnya si cewek dan preman tersebut sebagai fokus. Gue pake 4B dan gue arsir rambut dsb pake 5B.

Middle ground ini tricky juga, gak begitu keliatan bedanya sih sama front ground, contohnya adalah orang2 yang nunjuk preman tersebut, orang yang ngobrol, yang lagi videoin, pokoknya orang yang ada di dalam bus. gue pake 4B buat ngarsir dan nebelin bagian ini, gak terlalu diteken juga biar jangan sampe fokusnya ilang/ngalahin ketebalan si cewek dan preman.

Back groundnya adalah gambar-gambar diluar kaca bus, gue gambar pohon, tempat sampah, tiang STOP, sama halte yang penuh orang nunggu bus. Disini gampang, sketsa aja tapi yang rapi, gue pake 2B, JANGAN DITEKEN PENSILNYA

Semua ini berlangsung selama 120an menit, gue memanfaatkan waktu yang tersisa buat ngarsir bayangan2. USAHAKAN GAMBAR UDAH SELESAI, gausah lu arsir2 dulu, ntar kalau ada waktu aja,

udah deh haha istirahat sebentar dan lagi-lagi gua beser. Pipis deh. Pas pipis ini ada orangtua yang nanya gue "kapan pulangnya?", karena gue lagi kebelet pipis, gue seenaknya jawab "jam 5 bu", pas gue udah lega, gue baru inget tesnya selesai jam 3. Pas gue balik ibu itu udah gak ada... meninggalkan anaknya yang sedang berjuang... sendirian sampe jam 5.... karena seseorang..


2. Tes psikotes
Nah yang kedua ini gue bingung, ada BANYAK garis-garis aneh yang harus kita sambungkan menjadi..... entah apa?????

Gue bikin meja, kursi, buku, dan benda kotak lainnya sih??? Ini hanya berlangsung 12 menit. 4 menit per lembar. Cukuplah ya?


Inisih asal jadi aja lah, sumpah gue gatau apa-apa soal psikotes ini. Kayaknya asalkan lu gak terindikasi psikopat, lu bakal keterima???

udah deh haha(2)


Kerjakan-Lupakan.

Nah penting juga, abis itu gue laper berat. Gue makan Lomie depan ITB bareng temen gua tadi

ENAK.

BANGET.

YA ALLAHHHH

Akhirnya gue gak pulang buat main di kosan sama senior SMA gue yang udah masuk FSRD. Yaudadeh.

***

Nah. Itu dia pengalaman perjuangan gua SBMPTN, selanjutnya apa? Saatnya baca komik dan nonton drama!!! (PENTING SEPENTING2NYA!!)


Dan inget gue bukan ahli ngegambar apalagi einstein yang pintar, ini cuma sekedar pengalaman gua, nothing more. Don't try this at home WKWKWKWKland

Mari kita menunggu penentuan nasib tanggal 13 Juni. *Cakar tembok* *Minum Baygon*

Sekian dan terima kasih udah ngebaca. Kalau ada yang mau ditanya soal ujian keterampilan silahkan tinggalin komentar, atau dm aja di IG @Heyaalazari, gue aktif itu doang soalnya haha.


SAATNYA NONTON DRAKOR!!!!




UPDATE 15 JUNI 2017

2 hari yang lalu, tanggal 13 Juni pengumuman SBMPTN. Gue abis ngabisin drama GOBLIN sampe jam 3 pagi, sahur, dan baru tidur jam 6 pagi. 

Ketika gue bangun jam menunjukan 14.05

PENGUMUMAN UDAH DIBUKA JAM 14.00

SHID.



gue lanjut nonton lagi.

(karena gue tahu pasti webnya ngelag, ngapain buru-buru ???? hahahak)

Tau-tau udah jam 15.30, emak gua nelpon dan marah-marah karena gua belum buka pengumuman.

hehe.

20 menit sebelum buka pengumuman gue baca-baca lagi blog-blog pengalaman gagal SBMPTN biar hati Hayati lebih quwat.


Dibukalah semua pengumuman SBMPTN dan semuanya ngelag. Daannn akhirnya satu pun terbuka :





KETERIMA ????!?!??!?!?!?!?
KETERIMA MAK

ANAKMU MASUK ITEBEH MAAAKKKK

Gue telpon deh emak gue. Dia bilang alhamdulillahhhhhhhh panjang bat dan gue denger sorakan temen-temen kantornya di latar suara. Dasar emak-emak. Love u

Gue kabarin sohib gue, tiba-tiba line gue jadi banjir selamat, gue bertanya-tanya kenapa mereka bisa tau padahal gue belum bilang2 karena gue masih ngulang lagi episode2 goblin, eh ternyata emak gue ngabarin ke WA group emaknya anak-anak di kelas. Wallahuuuuuuuu-___-"

2 temen gue nelpon gue. Senior gue di FSRD juga ampe nge video call. Dasar malaikat.


Tapi setelah itu gue termenung,

Seneng sih

tapi daripada seneng, lebih banyak galaunya sebenarnya. Bahkan sampai gue nulis apdetan post inipun gue masih galau. 

Mungkin sebagian gara-gara episode terakhir Goblin,

tapi sebagian juga karena gue mikir

ini kuasa Tuhan banget, mungkin dia mau ngingetin gue untuk lebih banyak bersyukur. Udah gak pernah minta ke dia, eh dikasih. Dasar gatau diri. Makasih, Ya Allah.




Terus gue lanjut nonton GOBLIN.

You Might Also Like

3 comments

  1. Tulisan sebagus ini gak ada yang komen? Haha, keren banget deh perjalanannya gak nyangka aja gitu udah baca panjang lebar tau2nya gak keterima wkwk sialan 😂

    Tapi untung yah di percobaan tahun ke-2 akhirnya bisa juga lolos masuk ke tempat yang diimpi-impikan

    Congrats pokoknya!

    BalasHapus
  2. Haai, aku lolos di ujian pertama kali kok, itu foto gagal punya orang, sengaja aku download biar aku mentally ready kalo kalo aku gak masuk dan alhamdulillah masuk(ehehe emang aku masokis). Makasih dah komen😊😊😊

    BalasHapus
  3. Kak boleh minta ig nya ga hahaha

    BalasHapus

Popular Posts